Struktur, prinsip kerja dan pemeliharaan bag filter

Apa itu filter tas?

Bag filter adalah pengumpul debu jenis filtrasi yang terutama mengumpulkan debu dari gas buang dari proses industri.
Dengan memilih filter yang sesuai (filter bag), dapat diterapkan pada berbagai gas buang dengan rentang temperatur dan komposisi yang luas. Keunggulannya adalah mampu mengumpulkan partikel submikron yang tidak dapat dikumpulkan oleh siklon.
 

Struktur dan prinsip kerja bag filter

Singkatnya, struktur bag filter sama dengan struktur penyedot debu. Sistem ini menyaring gas yang mengandung debu dengan menggunakan penyaring (filter bag), dan hanya gas bersih yang dibuang.

Bahan filter mencakup serat seperti poliester, nilon tahan panas, dan serat kaca, dan dipilih tergantung pada sifat gas dan debu.

Jika banyak debu yang menempel pada permukaan filter maka kapasitas pengumpulan debu akan berkurang, sehingga ketika kapasitas pengumpulan debu mulai berkurang maka dilakukan backwashing (pulse jet) untuk menghilangkan debu yang menempel. Debu yang dibersihkan disimpan dalam kotak debu dan dibuang secara berkala.

Perawatan filter kantong

Filter bag dari bag filter adalah barang habis pakai. Jika filter rusak, debu akan bocor dan perlu diganti. Masa pakainya bervariasi tergantung pada aplikasi dan jenis debu, sehingga sulit menentukan kapan waktu yang tepat untuk menggantinya.

Dalam beberapa tahun terakhir, pengukur debu (pemantau debu) semakin banyak dipasang di sisi sekunder (sisi pelepasan gas) dari bag filter untuk terus memantau jumlah kebocoran debu. Faktanya, memantau secara terus-menerus jumlah kebocoran debu (konsentrasi debu) dengan pengukur debu dapat membantu mengoptimalkan waktu penggantian kain saring dan mengurangi biaya perawatan.


Masalah yang disebabkan oleh filter
(kantong filter)
kerusakan dan penanggulangannya

Masalah yang disebabkan oleh kebocoran debu

Jika bag filter digunakan selama bertahun-tahun, filter menjadi rusak dan rusak akibat gesekan partikel bubuk. Seperti yang dapat Anda bayangkan, jika filter rusak, bubuk yang terkumpul akan terlepas ke atmosfer, namun juga dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan.

Misalnya jika filter rusak, debu akan bocor keluar, dan debu yang bocor akan menempel di bagian dalam blower sehingga menyebabkan korosi. Akibat korosi ini, beban diberikan pada berbagai bagian blower, dan dalam beberapa kasus, bahkan dapat berhenti. Penting untuk memahami kemungkinan masalah dan mengambil tindakan pencegahan sebelum situasi seperti itu terjadi.

Penanggulangan: Memantau konsentrasi debu

Secara tradisional, pengukuran lingkungan kerja berdasarkan metode analisis manual telah menjadi hal yang umum, namun ada kalanya pemantauan tidak mungkin dilakukan hanya dengan menggunakan metode ini, dan ada kemungkinan kebocoran tidak diketahui. Untuk menghindari hal tersebut, perlu dilakukan pemantauan terus menerus terhadap konsentrasi debu dengan menggunakan dust meter (dust monitor).
CONTACT

If you are having trouble with monitoring or
automating production sites,
Please consult with us.

Please feel free to contact us if you have any questions.
Click here to download documents.