Apa itu pemeliharaan prediktif?
Apa perbedaannya dengan pemeliharaan preventif?

Perbedaan antara Pemeliharaan Prediktif dan Pemeliharaan Preventif

Tingkat hunian fasilitas dan efisiensi operasi merupakan faktor yang sangat penting untuk daya saing pabrik produksi, sehingga masalah atau kegagalan fasilitas yang tidak terduga yang dapat menyebabkan keterlambatan pengiriman atau biaya perbaikan yang mahal menjadi risiko yang serius.

Kemudian saat ini banyak pabrik yang mengambil strategi Predictive Maintenance dan Preventive Maintenance untuk mencegah risiko-risiko tersebut.

Artikel ini memaparkan konsep pemeliharaan prediktif dan pemeliharaan preventif, perbedaan keduanya serta kelebihan masing-masing berikut ini.

1. Pemeliharaan preventif

Pemeliharaan preventif adalah sejenis strategi pemeliharaan yang berfokus pada pencapaian inspeksi atau pemeliharaan berkala sebelum kegagalan terjadi pada fasilitas.

Jadwal pemeliharaan preventif umumnya direncanakan berdasarkan catatan kegagalan masa lalu atau rekomendasi pabrikan fasilitas/mesin.

Hal ini efektif untuk mengurangi risiko kegagalan tetapi bukan cara yang optimal karena situasi fasilitas sebenarnya tidak dipantau atau dipertimbangkan.

2. Pemeliharaan Prediktif

Pemeliharaan prediktif adalah jenis strategi pemeliharaan yang berfokus pada pemantauan situasi aktual fasilitas dan memprediksi risiko kegagalan di masa depan.

Ini mendeteksi tanda ketidaknormalan kegagalan di masa depan dengan mencapai pemantauan situasi mesin secara real-time dengan sensor atau alat analisis data.

Tindakan pencegahan dapat diambil sebelum kegagalan terjadi dan mencegah penghentian fasilitas secara tiba-tiba dan kemudian memaksimalkan masa pakai dan tingkat penggunaan fasilitas.

3. Perbedaan antara pemeliharaan prediktif dan pemeliharaan preventif

Perbedaan utama adalah dasar rencana pemeliharaan.
Dasar dari pemeliharaan preventif adalah pengalaman atau catatan masa lalu, tetapi dasar dari pemeliharaan prediktif adalah situasi aktual atau data kinerja fasilitas secara real-time.

Hal ini dapat mengurangi pekerjaan pemeliharaan yang tidak perlu, meningkatkan produktivitas dalam hal pemeliharaan Prediktif karena dimungkinkan untuk membuat rencana pemeliharaan yang lebih tepat dengan memanfaatkan teknologi dan data.

4. Keuntungan pemeliharaan preventif

* Kurangi risiko kegagalan tak terduga dengan perawatan rutin
* Jaga kinerja fasilitas tetap stabil
* Mencegah biaya perbaikan fasilitas yang mahal karena kegagalan

5. Keuntungan pemeliharaan prediktif

* Mengurangi waktu henti fasilitas dengan prediksi kegagalan di masa depan
* Meningkatkan perencanaan pemeliharaan dan mengoptimalkan pekerjaan tersebut
* Mengurangi total biaya produksi dengan perpanjangan masa pakai fasilitas
* Meningkatkan produktivitas dan kontrol kualitas

Kesimpulan

Strategi pemeliharaan yang efektif sangat diperlukan untuk menjaga daya saing produksi pabrik.
Pemeliharaan preventif dan pemeliharaan prediktif dapat meningkatkan produktivitas dengan mengurangi waktu henti fasilitas.

Terutama pemeliharaan prediktif memberikan keuntungan yang lebih baik dalam pengurangan biaya dan peningkatan efisiensi, namun efek maksimal dihasilkan oleh kombinasi dengan pemeliharaan preventif dalam banyak kasus.

Strategi pemeliharaan yang optimal harus disesuaikan dengan kebutuhan spesifik di setiap pabrik.

Akan sangat kami hargai jika artikel ini membantu Anda meninjau strategi pemeliharaan untuk perbaikan lebih lanjut pada proses produksi Anda.

Matsushima Measure Tech membantu Pemeliharaan Prediktif Anda

Terdapat banyak pengumpul debu industri di pabrik untuk industri material atau industri proses karena pabrik tersebut menangani bahan padat atau bubuk dalam banyak proses.

Namun, terdapat risiko serius untuk menyebarkan partikel debu jika pengumpul debu mengalami masalah.

Jenis masalah seperti kebocoran tiba-tiba dari pengumpul debu dapat terjadi meskipun pemeriksaan berkala telah dilakukan.

Pemantauan terus-menerus diperlukan untuk mengatasi masalah ini tetapi pengamatan visual oleh manusia tidak efisien dan realistis.

Matsushima Measure Tech menawarkan DUST MONITOR untuk membantu Pemeliharaan Prediktif Anda untuk mengatasi masalah ini.

DUST MONITOR memberikan pemantauan terus-menerus secara real-time untuk konsentrasi partikel debu yang bocor dari pengumpul debu dan memungkinkan untuk memberikan alarm sebelum kebocoran debu melebihi batas referensi.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak informasi berikut ini.

Dust Monitor | Triboelectric dust monitoring instrument

Instrumen pengukuran debu prinsip triboelektrik "Monitor Debu" memberikan solusi pengukuran konsentrasi debu berkelanjutan yang terjangkau namun dapat diandalkan sehingga mewujudkan pemeliharaan prediktif.

Reference Articles


CONTACT

If you are having trouble with monitoring or
automating production sites,
Please consult with us.

Please feel free to contact us if you have any questions.
Click here to download documents.