Apa itu Pemancar Level?
Jenis, prinsip kerja dan cara memilih

Apa itu Pemancar Level?

Level Transmitter adalah sensor yang digunakan untuk mengukur level penyimpanan di tangki, silo, dll, level sungai, level pasang surut (ketinggian permukaan laut), dll.
Ada banyak jenis Pemancar level. Tidak hanya metodenya saja yang berbeda, namun masing-masing pabrikan mempunyai ciri khasnya masing-masing. Pemilihan harus mempertimbangkan kondisi utama seperti sifat fisik, lingkungan pengukuran, kondisi pemasangan, dan gangguan. Di sini kami memperkenalkan prinsip, fitur, dan kelemahan masing-masing metode.

Peran "Level Transmitter" dan "Level Switches" dalam industri

Pemancar Level digunakan di pabrik yang memproduksi secara massal, seperti industri material, untuk mengukur jumlah yang disimpan dalam silo dan tangki yang menyimpan bahan mentah dan produk.
Di pabrik, bahan baku perlu terus dikirim ke proses selanjutnya agar produksi tidak terhenti. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengisian bahan baku sebelum kapasitas penyimpanan di silo habis agar produksi dapat terus berjalan.
Akan sangat tidak efisien untuk memantau level masing-masing fasilitas ini satu per satu, sehingga pengukur level digunakan untuk memantau dan mengotomatisasi (mengendalikan) level penyimpanan.

Apa perbedaan antara "Pemancar Level" dan "Sakelar Level"?

Ada dua jenis sensor utama untuk pengukuran level. "Pemancar Level" dan "Sakelar Level".

Apa itu Pemancar Level?

Jumlah yang disimpan dalam wadah terus diukur dan ditampilkan sebagai **%, level **m, dll., dan digunakan sebagai perkiraan tingkat penyimpanan.
Nilai terukur diubah dari 0 hingga 100% menjadi sinyal instrumentasi 4 hingga 20 mA DC atau 1 hingga 5 V dan keluaran, yang digunakan untuk pemantauan dan pengendalian.

Apa itu Saklar Level?

Ini adalah saklar yang mendeteksi kapan wadah penuh atau kosong dengan memasang sensor pada posisi penuh atau kosong.
Ini digunakan sebagai sinyal untuk memulai dan menghentikan bongkar muat bahan mentah, dll.
Ketika terdeteksi, ia mengeluarkan sinyal kontak ON atau OFF.

Bagaimana cara menggunakan Level Transmitter dan Level Switch?

Kontainer kecil sering kali dikontrol hanya dengan Level Switch, namun untuk kontainer berukuran sedang dan besar, alih-alih memasang beberapa Level Switch di bagian atas, tengah, dan bawah, Level Transmitter digunakan untuk terus mengukur level penyimpanan dan menghitung perkiraan penyimpanan tingkat secara real-time.
Itu sering ditampilkan dan digunakan.
Dalam beberapa kasus, Pemancar Level juga digunakan untuk memeriksa jumlah penyimpanan antara sambil mengontrol dengan Saklar Level.
Keuntungannya juga memudahkan untuk mengetahui jika ada masalah pada sensor tertentu.
Karena dapat dideteksi sejak dini, hal ini dapat mengurangi dampak pada proses produksi dan mencegah stres pada peralatan.
[Pengukur level dan sakelar level tergantung pada tujuan dan lingkungan]
Ada banyak jenis pengukur level dan sakelar level tergantung pada objek yang akan diukur dan lingkungan pengukuran. Silakan periksa objek pengukuran dan lingkungan yang akan digunakan dan pilih salah satu yang cocok. Selain itu, tidak semuanya akan cocok. Dalam kasus seperti ini, ada banyak kasus di mana spesifikasi khusus tersedia, jadi harap hubungi produsen dalam kasus tersebut. Silakan lihat informasi di bawah ini untuk membantu Anda memilih model.

Jenis Pemancar Level

Ada berbagai jenis Pemancar Level.
Pernahkah Anda berpikir bahwa Anda sudah memahami ciri-ciri masing-masing model, namun ketika tiba saatnya memilih model, Anda bingung harus memilih yang mana?
Bagi anda yang sudah paham, disini kami akan menjelaskan tidak hanya jenis dan fitur Level Transmitter, tetapi juga kekurangannya.
Pada akhirnya, kami telah menyiapkan tabel referensi singkat untuk pemilihan model, jadi silakan gunakan.
Level Meter tidak hanya memiliki metode yang berbeda-beda, namun setiap pabrikan juga memiliki fiturnya masing-masing.
Penting untuk mempertimbangkan kondisi utama seperti sifat fisik, lingkungan pengukuran, kondisi pemasangan, dan gangguan eksternal saat membuat pilihan.
Bahan mentah dan produk tersedia dalam berbagai bentuk seperti curah, butiran, bubuk, cair, bubur, dan endapan dalam cairan, dan terdapat banyak metode pengukuran yang mempertimbangkan sifat fisik dan faktor lingkungan.
Selain itu, Pengukur Level secara kasar dapat dibagi menjadi dua jenis: metode yang mengukur jarak kosong dari langit-langit tangki ke objek yang akan diukur, dan metode yang secara langsung mengukur tingkat penyimpanan objek yang akan diukur.
Level meter yang mengukur jarak udara adalah sounding, ultrasonik, microwave, laser distance meter, tipe tali pemandu, liquid level meter, dan displacer.
Pengukur kapasitansi, tekanan, dan tekanan diferensial secara langsung mengukur tingkat penyimpanan.
Di sini, kami akan memperkenalkan prinsip, fitur, dan kelemahan masing-masing metode, dengan fokus pada pengukuran bubuk, granular, dan curah.
*Untuk pengukur ketinggian cairan (water level meter), lihat "Jenis, Prinsip, dan Fitur Pemancar Ketinggian Air Sungai Tipe Radar".

1. Pemancar Tingkat Suara (tipe berat)

■ Prinsip
Pengukuran dilakukan dengan cara menurunkan beban yang digantungkan pada tali kawat secara elektrik hingga menyentuh benda yang akan diukur. Waktu dari awal pengukuran sampai berat menyentuh tanah diukur dan diubah menjadi jarak kosong. (Jarak = Kecepatan x Waktu)

■Fitur
- Mudah dimengerti karena diukur secara fisik.
- Sekalipun banyak debu atau uap yang dihasilkan, hal ini tidak akan mempengaruhi pengukuran.
- Dapat juga digunakan untuk mendeteksi endapan dalam cairan.

■Kekurangan
- Membutuhkan bahan habis pakai seperti tali kawat, sehingga kurang mudah perawatannya.
-Hati-hati saat menggunakan di area yang dilarang benda asing karena bersentuhan dengan benda yang akan diukur.
Matsushima Ukur Tech Co, Ltd. menawarkan lineup berikut.
Matsushima Measure Tech Co.,Ltd. offers the following lineup.
Sounding V

Sounding M's


2. Pengukur Tingkat Ultrasonik

■ Prinsip
Ini adalah pengukur level non-kontak. Waktu yang diperlukan pulsa ultrasonik untuk dipancarkan dari sensor, dipantulkan dari objek yang diukur, dan dikembalikan ke sensor diukur dan diubah menjadi jarak kosong.

■Fitur
- Pengukuran level non-kontak dapat dilakukan dengan biaya yang relatif rendah. ・Karena memiliki directivity, maka cocok untuk pengukuran di ruang sempit.

■Kekurangan
: Ada batasan untuk pengukuran di lingkungan yang menghasilkan debu dan uap. - Jika terdapat perbedaan suhu atau pembentukan gas di dalam area pengukuran, kecepatan suara dapat berubah dan kesalahan dapat meningkat.

3. Pengukur Level Gelombang Listrik (Tipe radar pulsa)

■ Prinsip
Pengukur tingkat gelombang radio, juga disebut Pemancar Tingkat Radar, adalah pengukur tingkat non-kontak. Pulsa gelombang mikro dipancarkan dari sensor, dan waktu yang dibutuhkan pulsa untuk dipantulkan dari objek yang akan diukur dan dikembalikan ke sensor diukur dan diubah menjadi jarak skala kosong.

■Fitur
- Karena menggunakan gelombang radio, maka tidak terpengaruh oleh suhu atau gas.
- Gelombang radio bersifat transparan sehingga tidak mudah terkena debu atau uap.

■Kerugian
- Objek pengukuran dengan konstanta dielektrik rendah mungkin tidak dapat diukur karena lemahnya gelombang pantulan yang melewatinya.
Contoh: silika
★ Informasi berguna berikut juga telah dilihat sehubungan dengan Pemancar Tingkat Radar
Pemancar Tingkat Radar


4. Pengukur Level gelombang listrik (tipe FMCW)

■ Prinsip
Ini adalah pengukur level non-kontak. Gelombang mikro termodulasi frekuensi terus menerus dipancarkan dari sensor. Perbedaan fasa ketika gelombang mikro yang dipantulkan dari objek yang akan diukur kembali ke sensor diubah menjadi jarak.

■Fitur
- Karena menggunakan gelombang radio, maka tidak terpengaruh oleh suhu atau gas.
-Karena bersifat permeabel, maka tidak terlalu terpengaruh oleh debu dan uap.
- Memiliki directivity dan cocok untuk pengukuran di ruang sempit.

■Kekurangan
- Objek pengukuran dengan konstanta dielektrik rendah mungkin tidak dapat diukur karena lemahnya gelombang pantulan yang melewatinya.
Contoh: silika

Pemancar Tingkat Radar 80GHz



5. Tipe tali pemandu Level meter

■ Prinsip
Pulsa gelombang mikro dipancarkan sepanjang tali yang tergantung dari langit-langit tangki ke dalam tangki, dan waktu yang diperlukan gelombang mikro untuk memantul dari objek yang akan diukur dan kembali ke sensor diukur dan diubah menjadi jarak udara.

■Fitur
- Berbeda dengan gelombang ultrasonik dan gelombang mikro non-kontak, tidak ada sudut radiasi sehingga cocok dipasang di ruang sempit.

■Kekurangan
- Daya rekat yang kuat pada probe dapat menyebabkan kesalahan pengukuran.
- Jika kawat tertekuk, kawat putus, atau terjadi adhesi, kebisingan akan terpantul, sehingga memudahkan pengukuran yang salah.

6. Pengukur Level tipe laser (Pengukur jarak laser)

■ Prinsip
Ada dua jenis pengukur level non-kontak.
[Metode TOF]
Waktu yang diperlukan pulsa laser untuk dipancarkan dari sensor, dipantulkan dari objek yang diukur, dan dikembalikan ke sensor diukur dan diubah menjadi jarak kosong.
[Metode deteksi perbedaan fase]
Laser termodulasi amplitudo dipancarkan dari sensor. Beda fase antara pantulan dari objek pengukuran dan kembali ke sensor diubah menjadi jarak kosong.

■Fitur
- Directivity memungkinkan pengukuran di ruang sempit, dan beberapa dapat mengukur beberapa ratus meter.
- Metode TOF menggunakan laser yang relatif aman (kelas 1) dan mempunyai respon kecepatan tinggi.
-Metode deteksi perbedaan fase memiliki akurasi dan resolusi tinggi.

■Kekurangan
- Di lingkungan yang menghasilkan debu atau uap, laser akan berdifusi dan tidak dapat diukur.
- Karena bersifat directivity, jika benda yang diukur berbentuk datar seperti cermin dan mempunyai sudut diam maka gelombang pantulnya cenderung lemah dan tidak dapat diukur.
*Harap diperhatikan bahwa metode deteksi perbedaan fasa cenderung menggunakan laser kelas tinggi dan memerlukan manajemen keselamatan dalam banyak kasus.

7. Pengukur level tipe mengambang

■ Prinsip
Pelampung yang digantung pada pita baja tahan karat diapungkan pada permukaan cairan dan mengikuti fluktuasi ketinggian cairan. Jarak kosong diukur dengan mengukur panjang pita secara konstan.
Ada tipe keseimbangan pegas pelampung, tipe pipa tertutup, dan tipe penyeimbang.

■Fitur
- Struktur sederhana, banyak digunakan untuk mendeteksi kadar cairan dalam tangki besar dan kecil karena akurasi dan daya tahannya.

■Kekurangan
- Mudah terpengaruh oleh daya rekat.
- Kurangnya perawatan karena banyaknya persediaan pemadam kebakaran.
- Kesalahan dapat terjadi akibat penumpukan padatan pada pelampung.
- Bila digunakan di dalam pipa pemecah gelombang, pelampung mungkin tidak bergerak dengan benar karena adanya adhesi dan dapat mengalami kegagalan fungsi.

8. Pemindah

■ Prinsip
Displacer adalah pelampung yang dibuat lebih berat dari berat jenis benda (cairan) yang akan diukur dan dirancang untuk tenggelam ke dalam benda.
Daya apung pemindah yang tersuspensi dalam cairan berubah sebanding dengan perubahan ketinggian cairan.
Perubahan ini ditangkap secara mekanis dan diubah menjadi level.

■Fitur
- Berat jenis rendah, efektif untuk pengukuran level cairan di lingkungan bertekanan tinggi.

■Kekurangan
- Rentang pengukuran pendek pada 300mm dan 3000mm.
- Ini akan mengalami kegagalan fungsi jika tersangkut atau tersangkut kotoran.
- Pegas adalah barang habis pakai.
- Kalibrasi ulang diperlukan di lingkungan di mana massa jenis cairan benda yang diukur berubah.

9. Pengukur Level tipe kapasitansi

■ Prinsip
Kapasitor dibentuk oleh elektroda probe yang digantung dari langit-langit tangki ke tangki dan dinding tangki.
Ketika benda yang akan diukur masuk di antara elektroda, kapasitansi berubah sebanding dengan besarnya.
Ini diukur dan diubah menjadi tingkat penyimpanan.

■Fitur
- Cocok untuk pengukuran di ruang sempit.

■Kekurangan
- Karena merupakan tipe kontak, ada kemungkinan kontaminasi benda asing.
- Tangki perlu dikosongkan dan dilakukan penyetelan nol.
- Kesalahan terjadi saat mengukur objek yang permitivitas relatifnya berubah.

10. Pemancar Tingkat Tipe Tekanan

■ Prinsip
Diafragma menangkap perubahan tekanan cairan karena ketinggian cairan dan mengubahnya menjadi tingkat penyimpanan.
Namun harus digunakan dengan syarat tekanan di dalam tangki adalah tekanan atmosfer.

■Fitur
- Mudah dipasang bahkan di tempat dengan ruang pemasangan terbatas.

■Kekurangan
- Jika terdapat banyak busa dalam cairan, tekanan akan menjadi tidak merata dan akurasi akan menurun.
- Akurasi akan menurun jika banyak terjadi adhesi atau sedimentasi pada benda padat.
- Jika banyak busa udara yang dihasilkan, tekanan cairan tidak merata dan nilai pengukuran menjadi salah.
- Karena tekanan cairan berubah tergantung pada berat jenis cairan, diperlukan penyesuaian.
- Saat melakukan perawatan, tangki harus dikosongkan.

11. Pengukur tingkat tekanan diferensial

■ Prinsip
Ini terdiri dari dua bagian: diafragma yang mengukur tekanan cairan dan diafragma yang mengukur tekanan internal tangki. Hitung tingkat penyimpanan dengan mengurangi tekanan internal tangki dari tekanan cairan.

■Fitur
- Pengukuran dapat dilakukan tanpa terpengaruh oleh perubahan tekanan di dalam tangki.

■Kekurangan
: Jika terdapat banyak busa dalam cairan, tekanan akan menjadi tidak merata dan akurasi akan menurun.
・Akurasi akan menurun jika terdapat banyak adhesi atau sedimentasi pada benda padat.
・Jika banyak busa udara yang dihasilkan, tekanan cairan akan menjadi tidak merata dan nilai pengukuran menjadi salah.
・Karena tekanan cairan berubah tergantung pada berat jenis cairan, diperlukan penyesuaian.
・Saat melakukan perawatan, tangki harus dikosongkan.

Contact


Please wait for the input format, which is displaying shortly.

If it does not show up for a whle, please get contact with here.

CONTACT

If you are having trouble with monitoring or
automating production sites,
Please consult with us.

Please feel free to contact us if you have any questions.
Click here to download documents.